Api Bakar Hutan Di Gunung Papandayan

Area hutan di Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat mengalami kebakaran. Sejumlah petugas gabungan dari kepolisian, TNI dan pemadam kebakaran diturunakn untuk segera memadamkan api.

Area hutan di Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat mengalami kebakaran. Sejumlah petugas gabungan dari kepolisian, TNI dan pemadam kebakaran diturunakn untuk segera memadamkan api.

Kepala Seksi Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah V Garut, Purwantono menjelaskan bahwa lokasi kebakaran berada di Blok Loeter S yang berada sekitar gerbang lama dan gerbang baru perbatasan cagar alam dan taman wisata Gunung Papandayan.

"Kebakaran sudah dapat dikendalikan oleh petugas," kata Purwantono.

Dirinya menjelaskan bahwa peristiwa ini baru diketahui pada sore hari dan petugas gabungan langsung diturunkan untuk dapat mengendalikan api supaya tidak meluas.

Api Bakar Hutan Di Gunung Papandayan.jpg, Oct 2019

Luas lahan yang terbakar diprediksi mencapai 1,5 hektar dengan jenis tanaman yang terbakar adalah puspa, paku-pakuan, haruman dan alang-alang yang tumbuh disekitar hutan tersebut.

"Yang terbakar itu jenis puspa, paku-pakuan, haruman dan alang-alang dengan luas total mencapai 1,5 hektar," jelas Purwantono.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiasiagaan BPBD Garut, Tubagus Agus Sofyan mengatakan bahwa jajaran yang dimilikinya telah diturunakn untuk dapat membantu proses pemadaman api di sekitar hutan Gunung Papandayan.

"Petugas gabungan telah bekerja dengan cepat untuk dapat mengendalikan api," katanya.

Menurutnya, musim kemarau menjadi salah satu penyebab utama kebakaran hutan karena banyak tanaman kering yang sangat mudah terbakar.

Dirinya menambahkan bahwa Garut memiliki kawasan hutan yang sangat rawan mengalami musibah kebakaran karena selain Papandayan masih ada Gunung Guntur yang berada di Kecamatan Tarogong Kaler dan Gunung Cikuray yang ada di Kecamatan Cilawu.

"Hutan di Gunung Guntur juga sering mengalami kebakaran," ungkapnya.