Para Pendaki Gunung Tambora Diwajibkan Pergunakan Guide

Gunung Tambora merupakan gunung yang terletak di antara Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Masing-masing dari wilayah ini memiliki jalur pendakian yang dapat digunakan untuk mencapai puncak Gunung Tambora.

Gunung Tambora merupakan gunung yang terletak di antara Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Masing-masing dari wilayah ini memiliki jalur pendakian yang dapat digunakan untuk mencapai puncak Gunung Tambora. Akan tetapi, hanya jalur Pancasila yang berada di Kabupaten Dompu yang dapat membawa pendaki menuju Puncak Sejati Tambora yang berada di ketinggian 2851 mdpl.

Mendaki gunung yang pernah meletus pada tahun 1815 ini tentunya sangat berisiko disetiap jalur yang dimilikinya. Pihak pengelola Taman Nasional Tambora mengantisipasi terjadinya kecelakaan ataupun pendaki yang tersesat di gunung dengan mengharuskan setiap grup pendaki menggunakan jasa dari guide atau pemandu jalan dan porter.

Guide dalam pendakian ini biasanya akan bertugas untuk mengarahkan para pendaki dengan memberikan informasi dan pertunjuk selama perjalanan. Sedangkan porter akan memiliki tugas untuk membawa barang ataupun kebutuhan selama berada pendakian.

Para Pendaki Gunung Tambora Diwajibkan Pergunakan Guide.png, Sep 2019

Untuk mencegah resiko kecelakaan ataupun tersesat, Taman Nasional Tambora mengharuskan para pendaki untuk menggunakan guide dan porter. Hal ini berlaku termasuk untuk para pendaki yang menganggap diri mereka sudah berpengalaman.

"Jika tidak menggunakan guide dan porter lebih baik tidak mendaki Gunung Tambora," kata Deny Rahadi, Kepala Bagian Tata Usaha Taman Nasional Tambora.

Hal ini berdasarkan pengalaman pada 2016 dimana terdapat pendaki yang tersesat karena menolak untuk menggunakan guide dan porter. Para pendaki tersebut mengaku bahwa mereka merupakan pendaki berpengalaman. Akibat dari hal ini, para pendaki ini di masukan kedalam daftar hitam oleh semua Taman Nasional yang ada di Indonesia.

Untuk dapat memesan guide dan porter, para pendaki dapat berkunjung langsung ke Kantor Taman Nasional Gunung Tambora ataupun melakukan pemesanan atau booking melalui beberapa situs travel di Internet yang menjadi agen online terpercaya seperti Booking.com, Traveloka atau PegiPegi.