BRI Salurkan Bantuan CSR Untuk Perbaiki Lingkungan Gunung Semeru

Bank Rakyat Indonesia Tbk. melalui CSR berkomitmen untuk berpartisipasi dalam pelestarian ekosistem di Gunung Semeru.

Bank Rakyat Indonesia Tbk. melalui CSR berkomitmen untuk berpartisipasi dalam pelestarian ekosistem di Gunung Semeru.

Hal ini dilakukan BRI dengan menyalurkan CSR Peduli untuk bidang lingkungan dan sarana umum kepada masyarakat yang berada di sekitar danau Ranu Pane, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Dalam keterangan resminya, BRI menyampaikan bahwa pemberian bantuan CSR ini dibagi menjadi tiga kegiatan yaitu pengerukan dan pelebaran bibir danau Ranu Pane yang berada di kaki Gunung Semeru, penanaman 15 ribu bibit pohon cemara di sekitar hutan lindung Gunung Semeru dan terakhir adalah melakukan revitalisasi shelter dan jalur pendakian menuju puncak Gunung Semeru.

Direktur Bisnis Micro Bank BRI, Supari secara simbolis menyerahkan bantuan tersebut dan berharap bahwa kegiatan ini akan dapat membantu untuk memulihkan kondisi Gunung Semeru dan danau Ranu Pane.

BRI Salurkan Bantuan CSR Untuk Perbaiki Lingkungan Gunung Semeru.jpg, Sep 2019

"Ujung dari kegiatan ini adalah untuk menjadi percepatan proses pemulihan Semeru dan sekitarnya sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan sehingga meningkatkan produktivitas dari masyarakat sekitar," jelas Supari.

Pada acara ini, turut hadir juga Menteri BUMN, Rini Soemarno dan Wakil Dirut BRI, Catur Budi Harto.

Selain memberikan CSR, BRI juga melakukan penyerahan Kredit Usaha Rakyat atau KUR kepada nasabah ultra mikro naik kelas. Penyerahan secara simbolis ini melibatkan lebih dari 50 pengusaha ultra mikro yang tergabung dalam Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera atau Mekaar. Kelompok ini sendiri dikembangkan oleh PT Permodalan Nasional Madani.

Para penerima KUR ini merupakan pelaku usaha yang bergerak dibidang perdagangan, pertanian, pertenakan dan tentunya pariwisata.

"Rata-rata penyaluran KUR adalah sebesar Rp 8 juta per pengusaha dan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas usaha mereka sehingga menjadi lebih produktif dan dapat bersaing," jelas Supari.

Tidak hanya menyediakan fasilitas kredit, BRI juga akan melakukan pendampingan untuk semua anggota dari Mekaar yang telah naik kelas.

Pendampingan ini dilakukan secara berkelanjutan oleh tenaga ahli yang telah disiapkan oleh Bank BRI dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas SDM para pengusaha sehingga bisnis yang mereka miliki dapat berkembang.

"Harapan kami, mereka dapat meningkatkan daya saing mereka dan pada akhirnya bisnis yang mereka miliki dapat berkembang," jelas Supari.

Sebelumnya BRI telah melakukan hal yang sama di Labuan Bajo dan Denpasar.